JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 3 No. 2 (2020): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Penerapan Metode Low-Skill Friends Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X IPA 1 SMAN 1 Manggelewa

Mukhlis (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan penerapan metode Low-Skill Friends yang tujuan untuk meningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah siswa SMAN 1 Manggelewa kelas X IPA 1 yang berjumlah 35 orang. Hasil analisis data diperoleh Persentase aktifitas belajar siswa pada proses pembelajaran dengan tanpa menerapkan metode Low-Skill Friends, siklus I dan Siklus II masing-masing berturut-turut sebesar 52,78%, 70,83% dan 90,28%. Dari hasil tersebut diperoleh peningatan aktivitas belajar siswa yang sangat signifikan yaitu sebesar 37,50%. Sedangkan hasil analisis pada hasil belajar siswa diperoleh pada proses pembelajaran dengan tanpa menerapkan metode Low-Skill Friends, siklus I dan Siklus II masing-masing berturut-turut sebesar 48,57%, 74,29% dan 94,29%. Dari hasil tersebut juga diperoleh peningatan aktivitas belajar siswa yang sangat signifikan yaitu sebesar 45,72%. Peningkatan aktivitas dan hasil belajar ini disebabkan oleh kebiasaan siswa yang memiliki kemampuan di bawah rata-rata untuk ikut berpartisipasi dalam proses penyelesaian masalah. Kebiasaan ini timbul secara spontanitas dari siswa sebagai akibat perasaan masih ada siswa yang memiliki kemampuan rendah sama seperti dirinya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...