Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas
Vol 4 No 1 (2020): Vol.4,No.1,2020

Pengaruh kepemimpinan dan komunikasi terhadap kepuasan kerja karyawan kuta paradiso hotel

I Kadek Arsana (Fakultas Pariwisata)
Ida Bagus Ketut Astina (Universitas Udayana)
Fanny Maharani Suarka (Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2020

Abstract

Abstrak Kepuasan kerja karyawan hal penting menjadi perhatian bagi perusahaan, beberapa masalah seperti kepemimpinan dan komunikasi salah satu penyebab karyawan tidak berkontribusi baik pada perusahaan. Kuta Paradiso Hotel Bali terdapat keluhan terkait kepemimpinan dimana kekuasaan dan wewenang mutlak berada pada pimpinan, serta kurangnya komunikasi terkait aturan jam kerja yang tidak dipatuhi oleh karyawan dan tingginya absensi karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kepempinan dan komunikasi terhadap kepuasan kerja karyawan di Kuta Paradiso Hotel Bali dan untuk mengetahui variabel yang lebih berpengaruh antara kepemimpinan dan komunikasi terhadap kepuasan kerja karyawan di Kuta Paradiso Hotel Bali. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, kuesioner, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Teknik Nonprobability Sampling dengan jenis sampling jenuh istilah lainnya sensus, dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Populasi penelitian ini adalah karyawan Human Resources, Sales & Marketing dan, Accounting department di Kuta Paradiso Hotel Bali. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif dan teknik analisis kuantitatif diantaranya analisis skala likert, uji validitas, uji reliabilitas uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji F, uji t dan analisis koefisien determinasi. Hasil analisis hipotesis pertama tentang pengaruh kepemimpinan dan komunikasi terhadap kepuasan kerja karyawan di Kuta Paradiso Hotel Bali memiliki pengaruh positif dan signifikan pada kepuasan kerja karyawan dengan nilai t hitung 4,915 dengan t tabel sebesar 1,6 artinya semakin baik kepemimpinan maka semakin tinggi kepuasan kerja karyawan di Kuta Paradiso Hotel, dan Berdasarkan hasil analisis variabel kepemimpinan dan komunikasi lebih berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan yaitu Komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja dengan nilai t hitung sebesar 3,548 dengan t tabel sebesar 1,6 ini berarti semakin baik komunikasi maka semakin tinggi kepuasan kerja karyawan di Kuta Paradiso Hotel. Kata kunci: Kepemimpinan, Komunikasi dan Kepuasan Kerja

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jkh

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

The journal is committed to a broad range of topics including tourism and travel management, leisure and recreation studies and the emerging field of event management. It contains both theoretical and applied research papers, and encourages the submission of the results of collaborative research ...