Pembelajaran matematika realistik adalah pengajaran yang mengacu pada sesuatu yang bersifat ?real?bagi siswa baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Operasi pecahan merupan salah satu materi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, namun materi ini sukar dirasakan oleh beberapa siswa di di SDN Kp.Baroh Langsa sehingga hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Yang menjadi tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah Pembelajaran Matematika Realistik dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Kp. Baroh Langsa. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif. Serta jenis penelitiannya yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyeknya yaitu siswa kelas IV SDN Kp. Baroh Langsa dengan jumlah 33 siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analsisi deskriptif komparatif dengan membandingkan situasi pada siklus I dan II. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terjadi peningkatan rata-rata kelas sebesar 29,16% dari rata-rata tes siklus I, yang hanya 58,18 naik menjadi 75,15. Kemudian ketuntasan belajar siswa juga ada peningkatan sebesar 87,50% dari siklus I dimana yang tuntas hanya 16 siswa menjadi 30 siswa di siklus II. Sehingga sebagian besar siswa kelas IV SDN Kp. Baroh Langsa mengalami peningkatan hasil belajar pada materi pecahan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran matematika realistik pada materi pecahan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Kp. Baroh Langsa.
Copyrights © 2020