Mentri Pendidikan Nadiem Makarim melakukan pidato pada acara Hari Guru Nasional dengan naskah yang dibuat sendiri. Pidato yang baik harus menggunakan teknik retorika dalam penyusunan naskahnya. Tujuan penelitian untuk mengetahui teknik Retorika dalam Naskah Pidato Nadiem Makarim pada Hari Guru Nasional. Penelitian ini mengunakan Teori Lima Hukum Retorika, dengan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik analisis yaitu mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan menginterpretasikan naskah dengan menggunakan lima teknik retorika. Teknik dalam pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi dan kajian pustaka. Hasil penelitian ini adalah naskah pidato Nadiem Makarim menggunakan teknik retorika yaitu: (1) Inventio (Penemuan), yaitu mengangkat penemuan baru yaitu perubahan pendidikan dimulai dari para guru. (2) Dispositio (Penyusunan), naskah pidato disusun dengan rapih, singkat dan pada intinya. (3) Elocutio (Gaya) naskah pidato tersebut menggunakan bahasa yang inspiratif, persuasif, gaya bahasa yang kontradiktif interminus. (4) Memoria (mengingat), naskah pidato telah diunggah sebelumnya di laman akun Twitter dan menggunakan video menimbulkan antusias masyarakat. (5) Pronuntitio (penyampaian), pidatonya tersebut, Nadiem menggunakan konsep dan idenya berkenaan problematika yang dialami para guru selama ini.
Copyrights © 2020