Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 6 No. 1 (2020): Volume 6, Nomor 1, Juni 2020

ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III C SDN DEWI SARTIKA CBM

Salsabila, Vanisa (Unknown)
Rizqia Amalia, Arsyi (Unknown)
Hamdani Malula, Luthfi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan analisis pemahaman konsep matematika menggunakan media video pembelajaran matematika di kelas III C SDN Dewi Sartika CBM Kota Sukabumi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalahh wawancara dan dokumentasi. Peneliti bertindak sebagai instrumen pengumpul data. Teknik analisis data menggunakan model analisis menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari tahap reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan conclusion drawing/ verification. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III C tahun pelajaran 2019/2020. Jumlah siswa sebanyak 28 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman konsep matematika siswa kelas III C cukup tinggi yaitu pada indikator menyatakan ulang sebuah konsep dan indikator yang kurang dipahami oleh siswa yaitu indikator mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup suatu konsep. Hambatan yang dihadapi oleh guru yaitu tidak dapat membimbing siswa secara maksimal, keterbatasan siswa dalam memiliki dan menggunakan handphone serta orang tua yang tidak dapat meluangkan waktu kerja. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Video Pembelajaran, Matematika

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...