Publikasi Pendidikan
Vol 10, No 2 (2020)

Peningkatkan Kompetensi Guru Kelas dalam Melaksanakan Pembelajaran Melalui Metode Peer Teaching pada Kelompok Kerja Guru (KKG) SD Negeri 44 Rampoang Palopo

Nursamda Nursamda (Dinas Pendidikan Kota Palopo)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2020

Abstract

Permasalahan penelitian tindakan sekolah ini adalah 1) Guru belum memahami langkah-langkah penerapan PPK melalui pembelajaran terintegrasi dalam kurikulum 2013; 2) Sebagian besar guru belum bisa melaksanakan pembelajaran sesuai skenario dalam RPP; 3) Sebagian besar guru masih menerapkan cara konfensional dalam mengajar. Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru melaksanakan pembelajaran sesuai skenario dalam RPP terintegrasi PPK dengan menggunakan metode peer teaching pada kelompok kerja guru (KKG) SD Negeri 44 Rampoang Palopo Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Subjek penelitian yaitu guru SD Negeri 44 Rampoang Kota Palopo.dengan jumlah gurusebanyak 8 (delapan) orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan pengamatan.Penelitian ini dilakukan 2 siklus yaitu siklus pertama dilakukan metode Bimbingan dan pelatihan metode feer teachingdapat meningkatkan kompetensi guru dalam proses mengajar . Guru menunjukkan keseriusan dalam memahami dan melakukan peer teaching dengan bimbingan dan pelatihan dari peneliti. Informasi ini peneliti peroleh dari hasil pengamatan pada saat bimbingan dan latihan metode feer teaching meningkatkan kompetensi  guru melaksanakan pembelajaran sesuai skenario dalam RPP terintegrasi PPK dalam pembelajaran. Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah dengan Bimbingan dan pelatihan metode feer teaching dapat meningkatkan kompetensi guru dalam proses mengajar.  Hal itu dapat dibuktikan dari hasil observasi/pengamatan yang memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi  guru dari siklus ke siklus . yaitu terjadi peningkatan sebesar 16,86% untuk kompetensi guru dalam melakukan peer teaching melaksanakan pembelajaran sesuai skenario dalam RPP terintegrasi PPK dari siklus pertama  kesiklus kedua.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...