Radio sebagai salah satu media massa memiliki peran dan kedudukan tidak hanya sebatas alat bantu, tetapi sebagai penunjang tercapainya tujuan komunikasi, yaitu transformasi, internalisasi, transmisi, difusi, dan aktualisasi. Strategi penyiaran merupakan kebutuhan mendasar terutama di tengah persaingan antar media radio. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi penyiaran RRI Lhokseumawe dalam meningkatkan kepuasan pendengar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik penumpulan data dilakukan dengan wawancara, pengamatan dan kajian dokumantasi. Informan penelitian adalah orang-orang yang terlibat dalam perencanaan dan penyusunan program siaran. Temuan penelitian menjelaskan bahwa strategi penyiaran RRI Lhokseumawe menggunakan strategi kesesuaian, yaitu kesesuaian jam siar dengan kegiatan pendengar dan kesesuaian dengan kebutuhan pendengar. Karena indikator kepuasan pendengar adalah siaran yang disampaikan sesuai dengan apa yang diinginkan dan dibutuhkan pendengar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019