Pengembangan adalah proses atau cara yang dilakukan untuk mengembangkan sesuatu menjadi baik atau sempurna dalam pembelajaran, dimana siswa memahami konsep sendiri dengan menggunakan modul. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan bahan ajar. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) untuk menghasilkan bahan ajar fisika pada pada pokok bahasan tekanan di MTsN Rukoh Banda Aceh. (2) untuk mengetahui kelayakan penggunaan bahan ajar yang dikembangkan di MTsN Rukoh Banda Aceh. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-1 MTsN Rukoh Banda Aceh. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan statistik persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil analisis kuesioner dari dua pakar ahli mengenai bahan ajar dengan menggunakan modul yang dikembangkan menghasilkan persentase sebesar 75,33% dan tergolong dalam katagori layak. (2) Berdasarkan analisis angket respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan modul pada materi tekanan, diperoleh dengan rata-rata persentase yaitu 85,67%. Ini berarti bahwa belajar dengan menggunakan modul termasuk kategori tertarik. Dengan demikian bahan ajar yang dikembangkan layak dijadikan sebagai media pembelajaran dan dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran Fisika pokok bahasan tekanan untuk siswa MTsN kelas VIII.
Copyrights © 2019