Edukasia Islamika
Volume 5, Number 1 2020, Edukasia Islamika: Jurnal Pendidikan Islam

Akal Bertingkat Ibnu Sina dan Taksonomi Bloom dalam Pendidikan Islam Perspektif Neurosains

Kharisma Noor Latifatul Mahmudah (Unknown)
Suyadi Suyadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep akal bertingkat Ibnu Sina dan korelasinya dengan Taksonomi Bloom dalam pendidikan Islam perspektif neurosains. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif jenis kepustakaan (library research). Sumber data penelitian ini adalah literature di bidang pendidikan Islam khususnya akal bertingkat Ibnu Sina, Taksonomi Bloom, dan neurosains. Pengumpulan data dilakukan dengan menelusuri referensi terkait, baik secara manual maupun digital. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis isi (content analysis), baik pada reduksi data, penyajian data, hingga menjadi kontruksi konsep baru yang utuh dan fresh. Temuan ini berbeda karena terdapat interdisipliner ilmu antara pendidikan Islam dan neurosains serta korelasi akal bertingkat Ibnu Sina dengan Taksonomi Bloom. Hierarki akal Ibnu Sina mengajarkan tahapan berpikir dari yang empiris, teoretis, filosofis hingga metafisis atau dari rasional hingga suprarasional. Sedangkan Taksonomi Bloom berisi level-level berpikir dari yang rendah menuju yang tinggi pada level empiris hingga teoretis dan filosofis. Oleh karena itu, akal bertingkat Ibnu Sina dapat menjadi tawaran alternatif baru taksonomi pembelajaran pendidikan Islam yang yang lebih potensial dan relevan dengan kinerja otak dalam neurosains.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

edukasiaislamika

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edukasia Islamika (JEI) ISSN Print: 2548-723X; Online: 2548-5822 (Berdasarkan SK No. 0005.25485822/JI.3.1/SK.ISSN/2016.12 - 13 Desember 2016) adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Pekalongan. Jurnal ini berisi kajian tentang isu-isu aktual ...