Theorems (The Original Research of Mathematics)
Vol 5, No 1 (2020)

EFEKTIVITAS PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA

Edi Susanto, Rusdi, Agus Susanta (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keefektifan dari model project-based learning (PjBL) ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis mahasiswa pada matakuliah statistika dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi pendidikan matematika angkatan 2019 yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah 64 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IIA sebagai kelas eksperimen dengan 34 mahasiswa. Sedangkan kelas kontrol kelas IIb dengan jumlah 30 orang . Instrumen penelitian terdiri dari lembar tes dan angket respon mahasiswa. Instrumen tes berupa soal untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis. Analisis data menggunakan: (1) uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas, (2) uji hipotesis yang terdiri dari uji Anova dan uji statistik multivariate analisis varian (Manova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PjBL efektif dalam ditinjau kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam pembelajaran statistik dasar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

th

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Journal of THEOREMS (The Original Research of Mathematics) published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Majalengka, that contains writings from innovative and relevant research and conceptual studies related to mathematics and / or the ...