Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana menerapkan teknik probing-prompting untuk mengefektifkan pembelajaran matematika pada siswa kelas IVc SD Inpres Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran matematika melalui penerapan teknik probing-prompting pada siswa kelas IVc SD Inpres Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar ditinjau dari 3 indikator efektifitas  yaitu tercapainya ketuntasan hasil belajar matematika siswa secara klasikal, keaktifan siswa dalam belajar, dan minimal 80% siswa menunjukkan respon positif terhadap pelaksanaan pembelajaran matematika melalui penerapan teknik probing-prompting. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Desigens yaitu suatu jenis penelitian yang hanya melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVc SD Inpres Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar yang berjumlah 21 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) skor rata-rata tes hasil belajar siswa adalah 78,04 dengan standar deviasi 11,95, dimana skor minimum yang diperoleh adalah 60 dan skor maksimum adalah 95 dari skor ideal 100. Dari hasil tersebut diperoleh bahwa yang tuntas secara individual dari 21 siswa yaitu 18 orang atau sebesar 85,71% sehingga memenuhi ketuntasan secara klasikal sedangkan yang tidak mencapai KKM atau tidak tuntas terdapat 3 orang atau 14,29% , (2) rata-rata kategori aktivitas siswa dalam belajar matematika melalui penerapan teknik probing-prompting sebesar 3,5 (tergolong kategori sangat baik), (3) angket respon siswa menunjukkan 90,48% siswa memberikan respon positif terhadap pelaksanaan pembelajaran matematika. Dari hasil penelitian tersebut dapat dilihat bahwa ketiga indikator efektifitas terpenuhi sehingga disimpulkan bahwa teknik probing-prompting efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas IVc SD Inpres Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar
Copyrights © 2020