Guru mendapat barbagai penghargaan atas prestasinya dalam mengikuti perlombaan baik dari tingkat Internasional, Nasional, maupun lokal, hal ini tidak dengan serta merta dapat dicapai dengan sendirinya, tentunya ada yang sangat berperan dalam peningkatan prestasi siswa tersebut yaitu guru dan kepala sekolah, meningkatkan prestasi butuh disiplin yang tinggi dan semangat kerja keras semua pihak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin dan motivasi kerja guru, dengan meliputi: Disiplin, Motivasi, dan Hambatan. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, dan guru di SMA Fatih Bilingual School Banda Aceh. Hasil penelitiannya ditemukan: (1) Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja guru dengan menciptakan suasana yang kondusif, disiplin berserta sanksi, menerapkan kurikulum 2013, guru diwajibkan membuat RPP, silabus kepala sekolah membuat program semester, program tahunan dan mengikut sertakan guru dalam MGMP dan rincian minggu efektif (2) Dalam meningkatkan motivasi kerja guru, kepala sekolah memberikan semangat, dorongan, penghargaan, pujian dan hadia bagi guru yang berprestasi; dan (3) Hambatan kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin dan motivasi kerja guru, masih ada guru yang kurang disiplin karena diakibatkan oleh kesadaran guru masih minim, ada guru yang masih tidak berani mengeluarkan pendapat dan serta adanya masalah internal guru itu sendiri.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017