Serambi Tarbawi
Vol 7, No 1 (2019): Serambi Tarbawi

PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF IBNU KHALDUN

Nurainiah Nurainiah (FAI Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2019

Abstract

Ibnu Khaldun adalah Abdullah abd al-Rahman Abu Zayd Ibn Muhammad Ibn Khaldun. Ia lahir di Tunisia pada awal bulan Ramadhan 732 H (27 Mei 1332 M) dan wafat di Kairo pada tanggal 25 Ramadhan 808 H (19 Maret 1406 M). Ibnu khaldun adalah seorang filsuf sejarah yang berbakat dan cendekiawan terbesar pada zamannya, salah seorang pemikir terkemuka yang pernah dilahirkan. Pendidikan Ibn Khaldun berpijak pada asumsi dasar bahwa manusia pada dasarnya “tidak tahu” (jahil), ia menjadi “tahu” (‘alim) dengan belajar. Berkaitan dengan klasifikasi ilmu, Ibn Khaldun mempunyai dualitas sikap terhadap ilmu naqli dan ilmu ‘aqli. Terkait dengan ilmu naqli ia menganggapnya sebagai sesuatu yang disyari’atkan oleh Tuhan pada kita (masyru’at lana). Mengenai ilmu ‘aqli (rasio) dipandang sebagai sesuatu yang lumrah bagi manusia dan tidak hanya milik suatu agama. Ilmu-ilmu ‘aqli (rasio) dipelajari oleh penganut seluruh agama. Dari aspek metode, Ibn Khaldun tidak menyukai pembelajaran dengan menggunakan sistem hafalan, karena dianggap tidak efektif dan efiesen. Adapun metode yang membawa pengaruh positif dan paling efektif adalah memulai dengan yang umum (global) kemudian berangsur-angsur ke arah terinci dan dengan metode keteladanan serta metode dialog dan diskusi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

tarbawi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Serambi Tarbawi is the Journal of the Study of Thought, Research, and Development of Islamic Education – P-ISSN: 2303-2014; E-ISSN: 2723-1143. Published by the Faculty of Islamic Religion of Serambi Mekkah University. This journal is published 2 times of year (January and July). This journal is an ...