Serambi Tarbawi
Vol 6, No 2 (2018): Serambi Tarbawi

KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM PERSPEKTIF IBNU JAMA`AH

Nurainiah Nurainiah (Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2018

Abstract

Masalah kepribadian guru menjadi perioritas utama dan perhatian besar di kalangan ulama dari masa ke masa. Sehingga banyak di antara mereka seperti al-Ghazali, Imam al-Nawawi, al-Zarnuji, Ibnu Khaldun dan lain sebagainya telah berusaha menyusun beberapa kompetensi kepribadian yang perlu dimiliki oleh guru. Demikian pula yang dilakukan oleh Badruddin Muhammad ibn Ibrahim ibn Sa’ad Allah ibn Jama’ah ibn Hazim ibn Shakhr ibn Abd Allah al-Kinany atau lebih dikenal dengan Ibnu Jama`ah. Beliau lahir di Hamwa (Mesir), pada malam Sabtu, tanggal 4 Rabi’ul Akhir, 639 H/ 1241 M, dan wafat pada pertengahan malam akhir hari Senin, tanggal 21 Jumadil ‘Ula tahun 733 H/1333 M, dan dimakamkan di Qirafah (Mesir). Dalam kitabnya Ibnu Jama`ah bernama Tadzkirah Al-Sami` wa al-Mutakllim fi Adab al-`alim wa al-Muta`allim, dan al-Fikr al-Tarbawi`Inda Ibnu Jama`ah, beliau memaparkan beberapa adab dan akhlak yang harus dimiliki oleh seorang pendidik/guru, secara garis besar berkaitan dengan kompetensi kepribadian, seperti  sopan, khusu, tawadhu, tunduk pada Allah swt dan selalu mendekatkan diri pada-Nya, baik secara diam-diam maupun terang-terangan. Salah satu bentuk yang dapat membantu guru untuk mencapai akhlak mulia adalah zuhud terhadap dunia dan qona’ah. Selain karakteristik akhlak mulia, Ibnu Jama’ah juga menuntut agar guru memiliki karakteristik keagamaan, seperti melaksanakan syiar Islam, melaksanakan amalan sunat baik perkataan maupun perbuatan, seperti membaca al-Qur’an, dzikir dalam hati ataupun lisan, menjaga wibawa Nabi saw ketika disebut namanya, juga bergaul dengan akhlak mulia.Kata Kunci: Kompetensi, Kepribadian Guru

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

tarbawi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Serambi Tarbawi is the Journal of the Study of Thought, Research, and Development of Islamic Education – P-ISSN: 2303-2014; E-ISSN: 2723-1143. Published by the Faculty of Islamic Religion of Serambi Mekkah University. This journal is published 2 times of year (January and July). This journal is an ...