Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO
Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO

PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA MELALUI METODE BERVARIASI DI KELAS V SD NEGERI 5 KATOBU TAHUN PELAJARAN 2013/2014

DARMA, KARIM (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2019

Abstract

ABSTRAKFokus dari penelitian ini dirumukan dalam bentuk masalah penelitian yaitu apakah kemampuan menulis Puisi siswa Kelas V SD Negeri 5 Katobu Tahun Pelajaran 2013/2014 dapat ditingkatkan melalui Metode Bervariasi? Dengan demikian tujuan dari penelitian ini secara spesifik untuk mengetahui perubahan kemampuan menulis Puisi siswa Kelas V SD Negeri 5 Katobu Tahun Pelajaran 2013/2014 melalui Metode Bervariasi, sehingga terlihat jelas tingkat peningkatan kemampuan menulis siswa yang terakumulasi dalam nilai bahasa Indonesia.  Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 5 Katobu pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014 bulan Maret sampai April 2012. Instrument yang digunakan adalah tes tertulis, untuk tes awal (sebelum tindakan), tes siklus I dan II (setelah pemberian tindakan); lembar observasi bagi guru dan murid untuk kondisi pelaksanaan tindakan; serta jurnal refleksi diri. Metode bervariasi yang digunakan adalah: pemberian tugas, kerja kelompok, penemuan terbimbing, diskusi, tanya jawab dan pembiasan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertama, dari segi proses baik aktivitas siswa maupun aktivitas guru menunjukan peningkatan dan daya motivasi siswa yang tinggi, dengan semua skenario perencanaan pembelajaran telaksana 100 % pada siklus II. Sedangkan kedua, dari segi hasil yang dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami ketuntasan belajar  dari 18 orang siswa sebanyak 72,22% kemudian mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase ketuntasan sebesar 88,89% dengan rata-rata nilai 78,78. Artinya hasil ini telah megalami ketuntasan kalasikal dan penelitian juga dianggap telah berhasil.  Kata kunci : Metode Bervariasi, Peningkatan, dan Kemampuan Menulis

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

p_sejarah_uho

Publisher

Subject

Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun yaitu pada bulan Februari, Mei, Agustus dan November. Terbitan awal Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO ...