Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO
Vol 4, No 2 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS XI IPS II SMAN 9 TANA TORAJA

Yoland, Erostika (Unknown)
Anwar, H. (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2019

Abstract

ABSTRAK: Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk meningkatkan Efektifitas mengajar guru sejarah melalui penerapan model pembelajaran talking stick, 2) Untuk meningkatkan Aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran sejarah melalui penerapan model pembelajaran talking stick, 3) Untuk meningkatkan Hasil  belajar siswa pada mata pelajaran sejarah melalui penerapan model pembelajaran talking stick kelas XI IPS II SMAN 9 Tana Toraja.             Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa 1) Penerapan model pembelajaran talking stick dalam keefektivan mengajar guru pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS II di SMAN 9 Tana Toraja. Pada siklus I keefektivan mengajar guru dikatakan belum berhasil karena dari 14 poin yang disiapkan, guru hanya mampu mencapi 10 poin dengan perolehan persentase sebanyak 71,42% denga persentase skor yang tidak terlaksana sebanyak 28,5%. Tindakan siklus II dinyatakan berhasil untuk meningkatkan keefektivan mengajar guru karena dari 14 poin yang yang disiapakan telah terlaksana secara keseluruhan dengan perolehan persentase 100%, 2) Penerapan model pembelajaran talking stick dalam aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS II SMAN 9 Tana Toraja. Pada siklus I aktivitas belajar siswa belum mecapai indikator yang telah ditetapkan. Dari 12 poin yang disediakan pada lembar observasi guru hanya mampu melaksanakan 7 poin dengan persentase 58,33% sedangkan yang tidak terlaksana dengan persentase 41,66%. Aktivitas belajar siklus I dengan menggunakan model pembelajaran talking stick belum dikatakan berhasil karna semua poin yang disediakan pada lembar observasi belum terlaksana seluruhnya.  Pada siklus II tindakan dengan menggunakan model pembelajaran talking stick dikataka berhasil karena dari 12 poin yang disediakan telah terlaksana secara keseluruhan dengan perolehan skor 12 dan persentase 100%, 3) Melalui penerapan model pembelajaran talking stick dalam proses pembelajaran menunjukkan bahwa hasil belajar sejarah kelas XI IPS SMAN 9 Tana Toraja meningkat karena telah mencapai indikator kinerja yang ditetapkan. Namun Pada siklus I siswa hanya memperoleh persentase sebanyak 72%, hanya 18 dari 25 orang siswa yang dinyatakan tuntas dengan perolehan nilai KKM yang telah ditetapkan sekolah, dan 7 orang yang dinyatakan tidak tuntas dengan perolehan skor dibawah nial KKM dengan persentase 28%. Pada siklus II siswa yang dinyatakan tuntas sebanyak 24 dari 25 orang dengan perolehan persentase keberhasilan sebanyak 96% dan persentase ketidak berhasilan sebanyak 4% atau 1 orang siswa yang dinyatakan tidak tuntas. Kata kunci: Model Pembelajaran Talking Stick, Guru, Siswa, Hasil Belajar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

p_sejarah_uho

Publisher

Subject

Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun yaitu pada bulan Februari, Mei, Agustus dan November. Terbitan awal Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO ...