Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO
Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) SISWA KELAS VI SD NEGERI 3 DURUKA

SAMRIA, SAMRIA (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2019

Abstract

ABSTRAKPenelitian dilakukan semata-mata untuk memperbaiki proses dan hasil pembelajaran. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar  IPS siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teamss  Achievement Divisions kelas VI SD Negeri 3 Duruka. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 3 Duruka dengan jumlah siswanya 24  orang yang terdiri dari laki-laki 10 orang dan  perempuan 14 orang. Prosedur pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari dua siklus. Adapun prosedur penelitian ini adalah: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi dan evaluasi; (4) refleksi. Tiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang dicapai seperti apa yang telah didesain dalam faktor-faktor yang diteliti. Sumber data penelitian yaitu terdiri dari siswa dan guru. Jenis data yang didapatkan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data tersebut diperoleh dari tes hasil belajar, lembar observasi dan jurnal. Teknik pengumpulan data, (1) data tentang kondisi pembelajaran diperoleh dengan menggunakan lembar observasi; (2) data tentang hasil belajar siswa diperoleh dengan menggunakan alat evaluasi hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD ( student teams achievement division) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 3 Duruka pada pembelajaran IPS. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yang mencapai 73,75 dengan tingkat ketuntasan belajar mencapai 54,16%, sedangkan pada siklus II rata-rata siswa mencapai 90 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 91,6%. Aktivitas guru mengalami peningkatan pada setiap siklus di mana pada siklus I terdapat 66,6% dan pada siklus II mencapai 100%. Aktivitas siswa mengalami peningkatan pula di mana pada siklus I terdapat 66,6% dan pada siklus II mencapai 100%.  Oleh karena itu, hipotesis tindakan tercapai pada siklus II. Kata Kunci: Peningkatan, Model STAD, dan Hasil Belajar

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

p_sejarah_uho

Publisher

Subject

Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun yaitu pada bulan Februari, Mei, Agustus dan November. Terbitan awal Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO ...