Jurnal Amal Pendidikan
Vol 1, No 1 (2020): Edisi April 2020

Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment Dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis

Aprilia Ayu Nita (Universitas Halu Oleo)
Busnawir Busnawir (Unknown)
Fahinu Fahinu (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Kendari. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Dari cara tersebut, dipilih 2 kelas sebagai sampel, yakni kelas VIII9 sebagai kelas ekperimen yang diterapkan model pembelajaran concep attainment dan Problem based learning dan kelasĀ  VIII6 sebagai kelas kontrol yang diterapkan metode pembelajaran konvensional. Desain penelitian menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui pemberian instrumen berupa tes pemahaman matematis. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh. Pemahaman matematis siswa yang diajar Concept Attaintment-Problem based learning mengalami rata-rata peningkatan sebesar 0,28. Nilai pretest dan posttest yang diperoleh kelas tersebut secara berturut-turut adalah 25 dan 64,28 dari nilai maksimum 100. Ada pengaruh yang signifikan Concept Attaintment-Problem based learning terhadap pemahaman matematis siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

japend

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Artikel yang dapat dipertimbangkan untuk dimuat dalam jurnal amal pendidikan adalah hasil pelaksanaan kegiatan penelitian yang sesuai dengan focus dan scope jurnal diantaranya: Manajemen Pendidikan, Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, Pendidikan IPS, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Bahasa, ...