Widya Accarya
Vol 5 No 1 (2016): Widya Accarya

EKSISTENSI MOTIVASI BERPRESTASI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMA DWIJENDRA DENPASAR

SUTIKA, I MADE (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2016

Abstract

Eksistensi Kepala Sekolah  dalam mengelola pendidikan  memegang peranan yang sangat penting, salah satu komponen yang perlu mendapat perhatian kusus  adalah kinerja guru . Kinerja guru sangat menentukan keberhasilan peserta didik, terutama dalam kaitanya dengan proses pembelajaran. Motivasi berprestasi dari kepala sekolah tidak boleh diabaikan begitu saja untuk mendorong para guru dalam meningkatkan kinerja, karena akan berdampak pada pencapaian tujuan pendidikan pada umumnya dan pembelajaran pada khususnya.           Berdasarkan hal tersebut, maka yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah ; bagagaimanakah eksistensi motivasi berprestasi  kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Dwijendra Denpasar ? dan  kendala kendala apakah yang dihadapi oleh Kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja  guru di SMA Dwijendra Denpasar?. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuisioner dan  wawancara.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.            Hasil penelitian  menunjukkan bahwa: eksistensi motivasi berprestasi Kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru sudah berjalan dengan  baik, yaitu selalu memberikan solusi-solusi dalam permasalahan yang dihadapi guru dalam kegiatan pembelajaran,  kreatif, inovatif, evaluative dan bertanggung  jawab.  Sedangkan kendala kendala yang dihadapi oleh Kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru adalah factor individu dan social psikologis. Kata Kunci: Motivasi berprestasi, Peran Kepala Sekolah, kinerja guru.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

widyaaccarya

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Widya Accarya, 2085-0018 (Print ISSN), 2722-8339 (Electronic ISSN) is the Journal of Education who published research articles and of theoretical articles in education which published by Faculty of Teacher Training and Pedagogy, Dwijendra University. The journal is published twice a year every April ...