Eksistensi Kepala Sekolah dalam mengelola pendidikan memegang peranan yang sangat penting, salah satu komponen yang perlu mendapat perhatian kusus adalah kinerja guru . Kinerja guru sangat menentukan keberhasilan peserta didik, terutama dalam kaitanya dengan proses pembelajaran. Motivasi berprestasi dari kepala sekolah tidak boleh diabaikan begitu saja untuk mendorong para guru dalam meningkatkan kinerja, karena akan berdampak pada pencapaian tujuan pendidikan pada umumnya dan pembelajaran pada khususnya.          Berdasarkan hal tersebut, maka yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah ; bagagaimanakah eksistensi motivasi berprestasi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Dwijendra Denpasar ? dan kendala kendala apakah yang dihadapi oleh Kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Dwijendra Denpasar?. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuisioner dan wawancara.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.           Hasil penelitian menunjukkan bahwa: eksistensi motivasi berprestasi Kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru sudah berjalan dengan baik, yaitu selalu memberikan solusi-solusi dalam permasalahan yang dihadapi guru dalam kegiatan pembelajaran, kreatif, inovatif, evaluative dan bertanggung jawab. Sedangkan kendala kendala yang dihadapi oleh Kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru adalah factor individu dan social psikologis. Kata Kunci: Motivasi berprestasi, Peran Kepala Sekolah, kinerja guru.
Copyrights © 2016