Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah keinginan untuk menguji efektivitas model Kuantum Teaching terhadap hasil belajar IPA siswa ditinjau dari tingkat keterampilan berpikir kritis siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model Kuantum Teaching terhadap hasil belajar ditinjau dari keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SD N. 1 Selanbawak. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen, dengan menjadikan siswa kelas V SD N. 1 Selanbawak sebagai sampel penelitian. Data dikumpulkan dengan kuisioner dan tes hasil belajar. Keseluruhan data dianalisis dengan analisis statistik Anacova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat terbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Kuantum Teaching dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, (2) Perbedaan hasil belajar IPA siswa yang mengikuti pembelajaran model pembelajaran Kuantum Teaching lebih tinggi dari pada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional. Setelah keterampilan berpikir kritis siswa dikendalikan, (3) Terdapat kontribusi keterampilan berpikir kritis siswa terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD N. 1 Selanbawak. Kata kunci: Model Kuantum Teaching , pembelajaran IPA, keterampilan berpikir          kritis, hasil belajar, sekolah dasar.
Copyrights © 2016