Journal of English Language Teaching
Vol 3, No 1 (2014): Serie D

TEACHING READING BY USING SUSTAINED SILENT READING (SSR) STRATEGY FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Putriayu Permatasari (FBS UNP)
Zainuddin Amir (FBS UNP)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2014

Abstract

Abstrak Membaca adalah salah satu keterampilan yang paling mendasar bagi semua siswa di tingkat Sekolah Menengah Atas. Siswa diharapkan memiliki pemahaman yang baik terhadap teks yang mereka baca. Namun pada kenyataannya, siswa yang mempelajari bahasa Inggris tetap menghadapi kesulitan di dalam memahami teks. Hal ini bisa dilihat dari kurang tertariknya siswa dalam proses membaca, terbatasnya kemampuan mereka dalam mengetahui kosa kata bahasa Inggris, serta kurang menariknya strategi yang digunakan oleh guru di dalam proses pembelajaran. Untuk mencapai pemahaman yang baik dalam membaca dibutuhkan proses yang baik. Makalah ini bertujuan untuk menjelaskan tentang bagaimana penerapan Sustained Silent Reading (SSR) Strategy dalam proses pembelajaran  membaca. Dalam Sustained Silent Reading (SSR), ada proses preview, dimana siswa membaca setiap kalimat pertama dalam setiap paragraf, predict what comes next, read the whole text silently, dan discussion. Dengan penerapan strategi ini siswa diharapkan mampu memahami informasi di dalam teks yang telah dibacanya dengan lebih baik. Key Words: Reading, Sustained Silent Reading (SSR)

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jelt

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of English Language Teaching is a journal published by English Language Teaching Study Program of FBS Universitas Negeri Padang. This journal is published three times a year (March, June, and September). The main purpose of this journal is to advance and foster English Language Teaching or ...