Journal of English Language Teaching
Vol 3, No 1 (2014): Serie B

THE ANALYSIS OF STUDENTS’ WRITING ABILITY IN A NARRATIVE TEXT AT SENIOR HIGH SCHOOL 3 BUKITTINGGI

Fauziatul Fitriani (FBS UNP)
Saunir Saun (FBS UNP)
Muhammad Al-Hafizh (FBS UNP)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2014

Abstract

ABSTRAK Kemampuan siswa kelas X SMA N 3 Bukittinggi dalam menulis tergolong masih rendah. Hal tersebut dilihat dari analisis nilai siswa dari tiga rater. Rendahnya nilai siswa dalam menulis disebabkan karena kurang nya pengetahuan siswa terhadap aspek –aspek yang perlu diperhatikan dalam menulis seperti compenent, organization, vocabulary, language use, mechanic. Dalam kesempatan ini penulis menganalisis nilai siswa melalui naratif teks. Penelitian ini berteujuan unutuk mengetahui sejauh mana siswa memahami setiap aspek penulisan sehingga siswa mendapatkan nilai yang jauh lebih memuaskan untuk penulisan selanjutnya, setelah mngetahui kamampuan siswa dan guru bisa melihat dibagian asapek mana yang perlu ditingkatkan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas  X IPS yang berjumlah 147 orang dan sample dari penelitian ini sebanyak 23 orang. Pengumpulan data diambil dari tes menulis teks naratif. Data dari penelitian ini berupa nilai writing test siswa dari kelompok sampel. Ditemukan hasil penelitian ini mengemukakan nilai yang didapatkan oleh siwa dalam aspek content sebanyak 68,79 dengan kualifikasi baik. Organization sebanyak 78,04 dengan kualifikasi baik, vocabulary sebanyak 76,73 dengan kualifikasi baik, language use sebanyak 62,08 dengan kualifikasi rata-rata sedangkan  mechanic 50,43 dengan kualifikasi rendah.   Kata Kunci:  Kemapuan menulis, narrative text.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jelt

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of English Language Teaching is a journal published by English Language Teaching Study Program of FBS Universitas Negeri Padang. This journal is published three times a year (March, June, and September). The main purpose of this journal is to advance and foster English Language Teaching or ...