Journal of English Language Teaching
Vol 6, No 1 (2017): Serie B

USING PARTNER PREDICTION STRATEGY TO IMPROVE STUDENTS’ READING COMPREHENSION AT SENIOR HIGH SCHOOL

Yelci Elvi Handani (English Department Faculty of Languages and Arts State University of Padang)
Jufri Jufri (English Department Faculty of Languages and Arts State University of Padang)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2017

Abstract

Membaca dalam bahasa Inggris merupakan kegiatan yang membosankan bagi siswa. Padahal, membaca adalah salah satu keterampilan bahasa dalam kurikulum pendidikan pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Maka pentingnya penerapan strategi pembelajaran yang tepat dalam pengajaran membaca untuk membuat proses pengajaran dikelas menjadi aktif dan komunikatif tidak hanya bagi guru tapi juga bagi siswa. Salah satu strategi yang dapat digunakan guru dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca yaitu Partner Prediction Strategy. Partner Prediction adalah strategi pembelajaran dimana siswa berkerjasama dengan pasangannya memprediksi apa kejadian, isi cerita atau cerita selanjutnya dalam sebuah topic atau cerita. Strategi ini mampu meningkatkan pemahaman membaca siswa pada Sekolah Menengah Pertama. Strategi ini dapat mempermudah guru untuk meningkatkan motivasi dan keinginan siswa dalam membaca. Disamping itu siswa dapat menyampaikan dan bertukar informasi tentang apa yang mereka ketahui dengan pasangannya mengenai teks yang mereka baca. Strategi ini juga mempermudah siswa dalam mengerjakan tugas dengan cara berkelompok dan membuat siswa lebih aktif dan bersemangat dalam mengerjakan tugas. Penulis mengharapkan Partner Prediction Strategy bias menjadi panduan bagi guru bahasa Inggris dalam mengajar membaca dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jelt

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of English Language Teaching is a journal published by English Language Teaching Study Program of FBS Universitas Negeri Padang. This journal is published three times a year (March, June, and September). The main purpose of this journal is to advance and foster English Language Teaching or ...