Journal of English Language Teaching
Vol 2, No 1 (2013): Serie A

THE USE OF DICTOGLOSS METHOD IN TEACHING LISTENING A HORTATORY EXPOSITION TEXT AT SENIOR HIGH SCHOOL

Eka Juwita Sari (FBS UNP)
Aryuliva Adnan (FBS UNP)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2013

Abstract

AbstrakTerdapat beberapa masalah yang sering ditemukan di lapangan dalam pengajaran keterampilan mendengar teks hortatory exposition. Diantara masalah tersebut ialah kurangnya kosa kata dari siswa untuk memahami teks serta media yang kurang menarik. Hal ini berdampak negatif terhadap kemajuan belajar siswa. Untuk pemecahan masalah tersebut dibutuhkan metoda dan media yang dapat memotivasi siswa belajar. Metoda dictogloss dan video dianggap cocok untuk memecahkan permasalahan yang ada. Dalam pelaksanaannya, dictogloss terdiri atas empat tahapan; preparation, dictation, reconstruction, dan analysis and correction. Video sebagai media akan digunakan pada tahap reconstruction. Pada tahap reconstruction siswa dituntut untuk menulis sebuah teks berdasarkan apa yang telah mereka dengar dan tulis di tahap dictation. Video yang diputarkan pada tahap reconstruction merupakan visualisasi dari apa yang telah di dengar oleh siswa pada tahap dictation. Video tersebut dapat membantu siswa memperoleh informasi penting untuk menulis teks di tahap reconstruction yang mana informasi tersebut mugkin mereka lewatkan di tahap dictation. Selain itu video juga dapat memotivasi siswa untuk menyelesaikan tugas mereka di tahap reconstruction. Makalah ini membahas penggunaan dictogloss method dalam pengajaran keterampilan mendengar hortatory exposition text di sekolah menengah atas.Key words: dictogloss method, hortatory exposition text, teaching listening

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jelt

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of English Language Teaching is a journal published by English Language Teaching Study Program of FBS Universitas Negeri Padang. This journal is published three times a year (March, June, and September). The main purpose of this journal is to advance and foster English Language Teaching or ...