Journal of English Language Teaching
Vol 3, No 1 (2014): Serie D

USING RIDICULE STRATEGY IN TEACHING DESCRIPTIVE TEXT AT SPEAKING CLASS OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Reisha Agustia Herman (FBS UNP)
An Fauzia Rozani Syafe'i (FBS UNP)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2014

Abstract

Abstrak Pengajaran berbicara bertujuan untuk melatih siswa agar mampu berkomunikasi secara lisan dalam Bahasa Inggris dengan lancar dan benar. Namun kenyataan dilapangan masih banyak siswa mengalami kesulitan berbicara dalam Bahasa Inggris. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti: kurangnya kosakata yang dimiliki siswa, kurangnya wawasan siswa,siswa dan siswa lebih cenderung menggunakan bahasa ibu mereka dalam berbicara. Untuk mengurangi kesulitan siswa dalam berbicara Bahasa Inggris, makalah ini membahas salah satu strategi yang dapat digunakan dalam mengajar keterampilan berbicara yaitu Ridicule strategy. Pada makalah ini penulis mengambil topik mendeskripsikan orang. Dalam penerapan strategi ini siswa diperlihatkan sebuah gambar yang lucu dan menggelikan yang mengandung humor. Kemudian mereka di suruh untuk menggambarkan hal-hal yang lucu dari gambar tersebut dibantu oleh guru dengan menyediakan kosa kata yang digunakan untuk menggambarkan seseorang. Setelah itu, siswa dibagi dalam empat grup, masing-masing grup memilih salah satu gambar artis yang mereka anggap lucu dan menarik untuk digambarkan di depan kelas. Dengan menerapkan strategi ini, diharapkan siswa tidak takut untuk berbicara karena suasana pengajaran di dalam kelas akan penuh dengan humor dan tidak terlalu serius Dengan demikian, Riciule strategy diharapkan dapat memberikan kontribusi yang lebih baik dalam pengajaran berbicara teks descriptive bagi siswa di SMA. Key words: speaking, descriptive, ridicule

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jelt

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of English Language Teaching is a journal published by English Language Teaching Study Program of FBS Universitas Negeri Padang. This journal is published three times a year (March, June, and September). The main purpose of this journal is to advance and foster English Language Teaching or ...