Journal of English Language Teaching
Vol 2, No 2 (2014): Serie B

THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ LANGUAGE LEARNING STRATEGIES IN READING & THEIR READING COMPREHENSION AT THE SECOND YEAR OF ENGLISH DEPARTMENT OF THE STATE UNIVERSITY OF PADANG

Hervil Fourdini (Unknown)
Desmawati Radjab (Unknown)
Refnaldi Refnaldi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2014

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi penggunaan strategi belajar reading oleh mahasiswa Bahasa Inggris tingkat dua Universitas Negeri Padang dan melihat hubungan penggunaan strategi belajar reading tersebut dengan reading comprehension mereka. Penelitian ini termasuk penelitian korelasi karena penelitian ini melihat tingkat hubungan antara dua variable yaitu strategi belajar reading siswa dengan reading comprehension mereka. Populasi penelitian adalah mahasiswa tingkat dua Jurusan Bahasa & Sastra Inggris Universitas Negeri Padang. Tekhnik pengambilan sample adalah simple random sampling. Instrument yang digunakan adalah angket untuk melihat strategi belajar reading siswa, dan reading comprehension test untuk melihat reading comprehension siswa, kemudian dianalisis uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian didapat strategi belajar reading yang paling banyak dipakai siswa adalah cognitive strategies dan affective strategies. Sedangkan strategi yang paling sedikit digunakan siswa adalah memory strategies. Tingkat hubungan antara strategi belajar reading siswa dengan pemahaman reading mereka sangat positif. Kata Kunci      : Language Learning Strategies in Reading, Reading Comprehension.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jelt

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of English Language Teaching is a journal published by English Language Teaching Study Program of FBS Universitas Negeri Padang. This journal is published three times a year (March, June, and September). The main purpose of this journal is to advance and foster English Language Teaching or ...