Journal of English Language Teaching
Vol 1, No 2 (2013): Serie C

USING A SHARED WRITING STRATEGY IN TEACHING A RECOUNT TEXT TO JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Vany Mulianda Fitri (FBS UNP)
Muhammad Al-Hafizh (FBS UNP)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2013

Abstract

Abstrak Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan prosedur penggunaan strategi shared writing dalam pengajaran menulis teks recount kepada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tujuan dari penggunaan strategi shared writing adalah untuk memodelkan proses berfikir yang terjadi ketika menulis dan strategi ini juga membuat siswa terlibat dalam proses pemodelan penulisan teks. Strategi shared writing digunakan pada kegiatan inti pengajaran (whilst-teaching activity). Guru memperkenlkan strategi shared writing pada tahapan eksplorasi. Selanjutnya, guru memodelkan menulis teks recount dengan menggunakan strategi ini pada tahapan elaborasi. Pada tahapan ini juga guru meminta siswa untuk bekerja dalam kelompok untuk menulis teks recount dengan menggunakan strategi ini. Pada tahapan konfirmasi, guru menanyakan kesulitan siswa dalam proses menulis teks dan memberikan respon yang jelas. Dengan menggunakan strategi ini, siswa dapat menyaksikan bagaimana proses menulis teks recount dan bagaimana kesalahan dalam proses suatu penulisan merupakan hal yang biasa. Sehingga siswa tidak lagi merasa takut untuk menulis hanya karena takut melakukan kesalahan dalam penulisan.   Kata Kunci: shared writing strategy, teaching writing, recount text

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jelt

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of English Language Teaching is a journal published by English Language Teaching Study Program of FBS Universitas Negeri Padang. This journal is published three times a year (March, June, and September). The main purpose of this journal is to advance and foster English Language Teaching or ...