Journal of English Language Teaching
Vol 6, No 1 (2017): Serie A

THE QUALITY OF ANALYTICAL EXPOSITION WRITTEN BY GRADE TWO STUDENTS OF MAN 3 SUNGAI PENUH VIEWED FROM GRAMMAR AND THE GENERIC STRUCTURE

Try Ulva Yeni (English Department Faculty of Languages and Arts State University of Padang)
Rusdi Thaib (English Department Faculty of Languages and Arts State University of Padang)
An Fauzia Rozani Syafei (English Department Faculty of Languages and Arts State University of Padang)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2017

Abstract

Menulis merupakan salah satu keahlian penting yang harus di kuasai oleh siswa. Siswa sering mendapatkan masalah dalam menulis teks analytical exposition yang sesuai dengan generic structure dan grammar. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui kualitas kemampuan siswa dalam menulis teks analytical exposition ditinjau dari segi grammar dan the generic structure (thesis statement, argument, and reiteration). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan rubrik skor yang diadopsi dari Rosenwaser dan writing expository assessment untuk menganalisis kualitas grammar dan the generic structure siswa dalam melulis teks analytical exposition. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 MAN 3 Sungai Penuh. Sampel penilitian ini berjumlah 37 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan sebuah instrumen berupa tes menulis teks analytical exposition. Dalam menulis teks analytical exposition, peneliti menyediakan tiga topik yang berbeda sebagai pilihan untuk siswa dalam menulis teks analytical exposition. Waktu yang diberikan kepada siswa dalam membuat teks analytical exposition adalah 90 menit. Hasil dari tulisan siswa tersebut digunakan sebagai data dalam penelitian ini. Berdasarkan data yang diperoleh, kualitas kemampuan siswa dalam menulis teks analytical exposition ditinjau dari segi grammar adalah good (27,02%), excellent (10,81%), dan poor (5,40%). Ditinjau dari segi generic structure, hasil analisis menunjukkan bahwa 75,69% siswa tidak mengalami kesulitan dalam menggembangkan ide pokok dalam thesis statement. Sebanyak 45,94% siswa tidak mampu mengembangkan ide menjadi uraian pendapat pada paragraf argumentation. Selanjutnya, 56,75% siswa mengalami masalah dalam menyatakan kembali uraian uraian pendapat sebelumnya. Dengan kata lain, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas kemampuan siswa dalam menulis teks analytical exposition di tinjau dari segi generic structure adalah good (56,75%) yaitu berkisar pada angka 60-79.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jelt

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of English Language Teaching is a journal published by English Language Teaching Study Program of FBS Universitas Negeri Padang. This journal is published three times a year (March, June, and September). The main purpose of this journal is to advance and foster English Language Teaching or ...