Journal of English Language Teaching
Vol 1, No 2 (2013): Serie C

TEACHING EXTENSIVE READING TO UNIVERSITY STUDENTS BY USING READING LOGS STRATEGY

Nurul Rizqa (FBS UNP)
Muhammad Al-Hafizh (FBS UNP)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2013

Abstract

Abstrak   Tujuan makalah ini adalah untuk menjelaskan penerapan strategi Reading Logs didalam kelas Extensive Reading. Reading Logs digunakan untuk meningkatkan minat baca dan ketertarikan mahasiswa terhadap bacaan fiksi. Melalui Reading Logs mahasiswa dibantu untuk memahami sebuah bacaan karena Reading Logs adalah sebuah catatan yang akan mencatat segala kegiatan dan tebakan mahasiswa mengenai bacaan yang sedang dibacanya. Reading logs mempunyai empat aspek yang harus dimiliki untuk membuat mahasiswa bisa membangun dan menggambarkan dunia yang ada di dalam bacaan, yaitu anticipating/retrospecting, picturing, interacting dan evaluating. Keunggulan dari Reading Logs adalah, pertama dapat memotivasi dan memberikan kemudahan bagi mahasiswa dalam membaca, kedua, Reading Logs memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk memyampaikan argumen-argumen mereka dalam berdiskusi karena mereka telah menulisnya dalam Reading Logs dan terakhir, mahasiswa dapat memperoleh pemahaman secara menyeluruh terhadap sebuah bacaan sehingga dapat meningkatkan kemampuan membaca mereka.   Kata kunci: Reading Logs, Extensive Reading, University students

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jelt

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of English Language Teaching is a journal published by English Language Teaching Study Program of FBS Universitas Negeri Padang. This journal is published three times a year (March, June, and September). The main purpose of this journal is to advance and foster English Language Teaching or ...