Journal of English Language Teaching
Vol 2, No 1 (2013): Serie A

THE INTEGRATION OF TEACHING READING AND WRITING BY USING MUDDLE WORDS GAME FOR YOUNG LEARNERS

Elfa Yanti (FBS UNP)
Zul Amri (FBS UNP)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2013

Abstract

AbstrakDalam proses belajar mengajar di sekolah dasar, banyak siswa malas saat diminta membaca dan menulis teks bahasa inggris karena kurangnya kreativitas guru dalam menciptakan kegiatan yang menarik. Makalah ini bertujuan untuk memaparkan salah satu strategi pengajaran membaca dan menulis di sekolah dasar melalui sebuah permainan. Permainan ini adalah Muddle Words game. Permainan ini dapat digunakan untuk mengajarkan keahlian membaca dan menulis pada siswa sekolah dasar. Dalam permainan ini, guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok. Lalu guru menempelkan sebuah kartu di papan tulis. Pada kartu tersebut terdapat sebuah gambar benda dan huruf-huruf yang masih diacak. Guru meminta siswa bekerja dalam kelompok untuk menyusun huruf acak tersebut menjadi sebuah kata. Tetapi sebelum siswa menyusunnya dalam kelompok, siswa diminta untuk melafalkan huruf yang masih acak tersebut. Kelompok yang tercepat menyusun akan mendapat poin. Kegiatan ini dilakukan berulang-ulang. Kelompok yang paling banyak mendapat poin akan menjadi pemenangnya. Setelah banyak kartu di papan tulis, semua siswa disuruh membaca nyaring kata di papan tulis tersebut. Dengan begitu, indikator pembelajaran reading dan writing pada siswa kelas IV sekolah dasar akan tercapai.Key words: Muddle words game, reading a word, arrange letters and sound out

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jelt

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of English Language Teaching is a journal published by English Language Teaching Study Program of FBS Universitas Negeri Padang. This journal is published three times a year (March, June, and September). The main purpose of this journal is to advance and foster English Language Teaching or ...