Journal of English Language Teaching
Vol 2, No 2 (2014): Serie C

AN ANALYSIS OF ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS’ ABILITY IN USING NOMINALIZATION IN ACADEMIC WRITING AT STATE UNIVERSITY OF PADANG

Yulianti Yulianti (Unknown)
Refnaldi Refnaldi (Unknown)
Rusdi Noor Rosa (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2014

Abstract

Abstrak Nominalisasi merupakan salah satu karakteristik dalam bahasa Inggris yang sering muncul dalam teks akademik. Sangat penting bagi mahasiswa jurusan Bahasa Inggris untuk mampu menguasai dan menggunakan nominalisasi karena pengetahuan ini berguna ketika mereka akan menulis dan membaca teks-teks bergenre akademik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam menggunakan nominalisasi dengan memberikan tes menulis kepada tiga puluh empat mahasiswa tahun keempat jurusan Bahasa Inggris Universitas Negeri Padang. Bentuk tes menulis yang diberikan yaitu siswa merubah denominalized teks ke dalam versi nominalisasi. Hasil jawaban siswa dinilai dengan menggunakan teknik kuantitatif yang berpatokan pada scoring rubrik tentang nominalisasi, dan kesalahan – kesalahan yang muncul dalam jawaban siswa kemudian dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kemampuan siswa dalam menggunakan nominalisasi masih rendah yang ditunjukkan dengan rata-rata Mean pada angka 52,05. Masalah yang muncul ketika jawaban siswa dianalisis adalah ketidakmampuan siswa dalam merubah bentuk kata kerja dan kata sifat ke dalam bentuk kata benda dan ketidakmampuan siswa dalam memahami informasi dalam versi denominalized teks sehingga hasil jawaban siswa dalam versi nominalisasi sulit dipahami. Keywords:  Nominalisasi, Denominalized Texts, Nominalized texts,Teks akademik.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jelt

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of English Language Teaching is a journal published by English Language Teaching Study Program of FBS Universitas Negeri Padang. This journal is published three times a year (March, June, and September). The main purpose of this journal is to advance and foster English Language Teaching or ...