Journal of English Language Teaching
Vol 3, No 1 (2014): Serie A

TEACHING WRITING A DESCRIPTIVE TEXT BY USING TOOTHPICK GAME TO JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Gita Yolanda (FBS UNP)
Muhammad Al-Hafizh (FBS UNP)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2014

Abstract

Abstrak Penulisan makalah ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan toothpick game sebagai salah satu kegiatan yang menarik dalam menulis sebuah descriptive text yang difokuskan pada siswa kelas 8 Sekolah Menengah Pertama (SMP). Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada umumnya kesulitan dalam membuat sebuah descriptive text. Siswa seringkali kesulitan menciptakan ide tentang topik yang diberikan. Kurangnya kreatifitas dalam pengajaran menulis descriptive text, menjadi penyebab lain menulis kurang begitu menarik bagi siswa. Toothpick game merupakan salah satu permainan yang diaplikasikan dalam pengajaran menulis teks deskriptif di kelas untuk mempermudah siswa untuk menemukan ide-ide dalam mendeskripsikan suatu topik. Toothpick game dilengkapi dengan gambar-gambar yang menarik dan beberapa tusuk gigi sehingga siswa akan termotivasi untuk menulis. Dalam permainan ini siswa berlomba dalam menulis kalimat yang menggambarkan tentang bagian gambar yang disentuh oleh tusuk gigi. Didalam melakukan permainan ini siswa melakukan secara berkelompok. Permainan ini digunakan dalam kegiatan whilst-teaching activity. Dengan menggunakan permainan ini diharapkan siswa mampu menulis teks deskriptif dengan baik dan benar. Kata Kunci: pengajaran menulis, teks deskriptif, pengajaran di SMP, toothpick game

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jelt

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of English Language Teaching is a journal published by English Language Teaching Study Program of FBS Universitas Negeri Padang. This journal is published three times a year (March, June, and September). The main purpose of this journal is to advance and foster English Language Teaching or ...