Journal of English Language Teaching
Vol 2, No 2 (2014): Serie A

APPLYING QUANTUM TECHNIQUE IN TEACHING GRAMMAR TO SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Dwinanda Puspika (Unknown)
Don Narius (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2014

Abstract

Abstrak Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menjelaskan bagaimana cara menggunakan teknik Quantum dalam mengajar simple past tense kepada siswa SMA. Di dalam prosesnya, teknik ini meliputi menumbuhkan (enroll), mengalami (experience), menamakan (label), mempertunjukkan (demonstrate), memeriksa (review), and merayakan (celebrate). Di awal pembelajaran (enroll), guru memberikan gambar dan beberapa pertanyaan tentang gambar tersebut. Kemudian guru memberikan teks recount yang berisi beberapa kalimat simple past tense sesuai gambar. Pada tahap experience, guru menceritakan pengalamannya atau orang lain berdasarkan topik yang diberikan yang mengandung simple past tense. Kemudian pada tahap label guru menjelaskan tentang penggunaan Simple past tense. Pada tahap demonstrate guru menyuruh siswa membuat contoh penggunaan simple past tense. Selanjutnya, pada tahap review guru memeriksa pemahaman siswa tentang simple past tense. Di akhir pembelajaran (celebrate) guru memberi tepuk tangan, kata-kata motivasi, dan memuji siswa. Melalui teknik ini siswa akan mampu menggunakan simple past tense dengan lebih baik dan benar. Key words: simple past tense, mengajar grammar, teks recount, teknik Quantum

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jelt

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of English Language Teaching is a journal published by English Language Teaching Study Program of FBS Universitas Negeri Padang. This journal is published three times a year (March, June, and September). The main purpose of this journal is to advance and foster English Language Teaching or ...