Journal of English Language Teaching
Vol 3, No 1 (2014): Serie C

DEVELOPING PATTERN BOOK THROUGH ANIMATION MOVIE AS YOUNG LEARNERS’ READING MEDIA

Akmal Nazirwan (FBS UNP)
An Fauzia Rozani Syafe'i (FBS UNP)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2014

Abstract

ABSTRAK   Dalam pengajaran reading, ada beberapa media yang bisa digunakan dalam mengajar reading untuk young learners. Salah satunya yaitu dengan menggunakan pattern books. Penggunaan pattern books dalam mengajar reading, sangatlah memudahkan young learners untuk memahami suatu bacaan karena adanya gambar yang memudahkan siswa dalam mengilustrasikan dan memahami sebuah cerita. Pattern book dapat dibuat dalam bentuk printed dan unprinted. Dalam menyajikannya sebagai sebuah media pembelajaran sebenarnya dapat dibuat dan dikembangkan oleh guru itu sendiri. Pattern book, sebagai salah satu media yang disarankan dalam mengajar reading untuk young learners, dapat diciptakan dengan mudah oleh guru. Kemudian pattern book yang telah dibuat dapat disajikan dalam sebuah media yang dikolaborasikan dengan aplikasi J Quiz. Melihat kenyataan selama ini proses belajar mengajar bahasa inggris di SD (Sekolah Dasar) hanya menggunakan papan tulis sebagai media dalam menampilkan metode ajar, maka dengan dibuatnya pattern book oleh guru itu sendiri dan dikolaborasikan dengan J Quiz diharapkan dapat membantu siswa memahami sebuah bacaan untuk mencapai kemampuan reading yang sangat baik bagi young learners. Karena cara pembuatan media ini pun tidaklah begitu sulit, maka makalah ini membahas tentang cara pembuatan media untuk pattern books yang dikolaborasikan dengan J Quiz sebagai media ajar bagi young learners. Diharapkan dengan pembuatan makalah ini, guru EFL (English as a First Language) young learnes dapat menciptakan media ajar yang menarik. Sehingga guru-guru EFL (Engslish as a First Language) dapat menjadi guru yang lebih berkompetensi dalam membuat media ajar.   Key Word : Reading, Young Learner, Animation Movie.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jelt

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of English Language Teaching is a journal published by English Language Teaching Study Program of FBS Universitas Negeri Padang. This journal is published three times a year (March, June, and September). The main purpose of this journal is to advance and foster English Language Teaching or ...