Salah satu ciri pengusahaan jambu mete rakyat umumnya dilakukan dalam skala kecil, terpencar dan tidak intensif dengan keterbatasan teknologi budidaya dan manajemen yang disebabkan keterbatasan modal dalam penyediaan input usaha tani dalam penerapan teknologi. Pengolahan mete di Kecamatan Nusa Penida telah berkembang menjadi salah satu sentra pengolahan mete karena didukung oleh kondisi geografis yang sesuai untuk perkebunan jambu mete, dimana usaha pengolahan mete yang diusahakan sebagian besar masih dalam skala kecil.Tujuan penelitian ini adalah: (ii) Untuk mengetahui bauran pemasaran kacang mete pada UD Wahyu Rasa. (ii) Untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi dalam pemasaran kacang mete pada UDWahyu Rasa.Penelitian ini dilakukan pada UD Wahyu Rasa yang berada di Desa Klumpu, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive (sengaja) dengan jumlah 6 orang yang ditetapkan sebagai sample. Rata – rata pengetahuan anggota dan pengelola UD “WAHYU RASA†di Desa Klumpu, Kecamatan Nusa Penida mengenai bauran pemasaran tergolong tinggi. Ini terlihat dari rata rata produk kacang mete yang dipasarkan setiap bulannya dan keuntungan yang di dapat dari penjualan produk serta inovasi yang dilakukan mulai dari pelabelan kemasan serta promosi produk kacang mete UD WAHYU RASA. Rata – rata jumlah pasokan kacang mete tidak sesuai dengan target produksi pada UD†WAHYU RASAâ€Âkarena untuk area Nusa Penida tanaman jambu mete hanya sebagai tanaman pelengkap disamping sifatnya yang berbuah musiman(berbuah satu tahun sekali).Pengetahuan petani dalam bidang pemeliharaan tanaman jambu mete kurang bagus yang menyebabkan hasil panen jambu mete tidak maksimal di setiap tahunnya dan juga pemilik(petani) sebagai pengelola produksi kacang mete pada UDâ€ÂWAHYU RASAâ€Âbelum maksimal melakukan ekpansi ke luar daerah dalam pembelian biji jambu mete.Berdasarkan pada hasil penelitian diatas, dapat disarankan sebagai berikut: (i) Diperlukan adanya peningkatan intensitas penyuluhan mengenai pengolahan biji mete guna meningkatkan pengetahuan dan sekaligus sikap petani dalam pengolahan biji mete tersebut khususnya pada UD “WAHYU RASAâ€Âuntuk peningkatan kualitas produk baik dari segi rasa dan variasi baru yang inovatif dan menarik. (ii) Diperlukan adanya kegiatan pelatihan – pelatihan yang partisipatif guna mendorong peningkatan motivasi petani pada UDâ€ÂWAHYU RASA†dalam melakukan perbaikan – perbaikan dalam pengolahan produk kacang mete terutama dalam pemasarannya untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi.Kata kunci : Bauran, Pemasaran, Kacang Mete, Kemasan.
Copyrights © 2018