Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar
Vol 8, No 2 (2018)

KOMPETENSI MEMBACA AL-QUR’AN MAHASISWA JURUSAN PGMI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN IMAM BONJIOL PADANG

Ilman Nasution (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)
Syafrijal Syafrijal (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)
Hidayati Hidayati (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2020

Abstract

Al-Qur’an adalah bacaan/ yang dibaca. Allah memerintahkan agar al-Qur’an dibaca dengan baik dan  Nabi saw pun sangat berhati-hati, jelas, dan terurai setiap huruf saat membacanya. Cara ini diikuti oleh sahabat dan tabi’ tabi’in. Namun, belakangan ini banyak umat Islam termasuk mahasiswa PTAI yang tidak mampu membacanya dengan baik. Standar bacaan yang baik diacu kepada ilmu tajwid. Penelitian ini ingin mengetahui kemampuan membaca al-Qur’an mahasiswa PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN ImamBonjol pada aspek: makharij al-huruf, ahkam al-huruf, dan mad thabi’iy. Penelitian ini bersifat deskriptif dan evaluatif. Maksudnya, peneliti ingin menggambarkan variabel: masa lalu dan sekarang karena mereka sudah mengikuti tahsin al-Qur’an. Setelah data diolah, disimpulkan bahwa kemampuan mahasiswa pada aspek makharij al-huruf, ahkam al-huruf dan mad thabi’iy berada pada kategori baik namun masih terdapat yang berada pada kategori kurang baik dan kurang sekali.  

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

alawlad

Publisher

Subject

Education

Description

Terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember mulai tahun 2009, setiap volume ada 2 edisi. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan pemikiran orisinil dibidang pendidikan khusus pendidikan dasar atau madrasah ...