Sebuah metode untuk menganalisis data transaksi yang berjumlah ribuan pada sebuah toko online di e-commerce sangat penting untuk dilakukan. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan informasi yang berguna sebagai strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan rekomendasi menu pilihan paket kosmetik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan Algoritma Improvisasi Apriori. Dalam penelitian ini, alur pembuatan sistem dimulai dari pemindaian data transaksi yang kemudian dilanjutkan dengan penentuan minimum support serta minimum confidence, kemudian Algoritma Improvisasi Apriori akan melakukan analisis kandidat itemset-1 dan menghasilkan beberapa iterasi dimulai dari Frequent Itemset-1, Frequent Itemset-2, Frequent Itemset-3 dan menghasilkan output berupa aturan asosiasi yang akan digunakan sebagai rekomendasi paket kosmetik. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa dengan menggunakan nilai minimum support sebesar 2% dan nilai minimum confidence sebesar 30% akan menghasilkan jumlah aturan asosiasi terbanyak. Dengan nilai minimum support 5% dan nilai minimum confidence 30%, memerlukan total waktu proses terkecil yaitu 12 detik dibandingkan dengan menggunakan nilai pasangan parameter yang lain. Serta terdapat 2 aturan asosiasi yang hampir selalu muncul dalam pengujian.
Copyrights © 2020