Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi)
Vol. 4, No. 1, April 2016

Aplikasi Game Edukasi Pupuh Sekar Alit Berbasis Android

Putu Eka Suryadana (Unknown)
A. A. K. Agung Cahyawan W. (Unknown)
Ni Made Ika Marini Mandenni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2016

Abstract

Pupuh merupakan sebuah tembang macepat yang berarti membaca syair tembang atas empat suku kata yang memiliki kisah atau makna. Pupuh terdapat pada mata pelajaran muatan lokal anak yang berusia 9 hingga 14 tahun. Dewasa ini kesenian tembang khususnya pupuh kurang diminati oleh anak-anak dan remaja. Selain karena pelajaran metembang hanya terdapat pada mata pelajaran muatan lokal Bahasa Bali, materi yang memaparkan pupuh juga sedikit. Berdasarkan permasalahan yang ada melatarbelakangi pembuatan suatu metode pembelajaran yang menarik yaitu dikemas kedalam sebuah permainan digital. Game Edukasi Pupuh Sekar Alit diharapkan menjadi sebuah pembelajaran terkait Pupuh Sekar Alit yang dituangkan kedalam sebuah permainan. Game ini dibuat dengan menggunakan software Corona SDK dan bahasa pemrograman Lua. Game pupuh dapat berfungsi sebagai media pembelajaran pupuh yang efektif bagi anak-anak sekarang. Hal ini diperkuat dari hasil survey dengan kategori baik sebesar 77% pada aspek grafis dan 60% pada aspek entertainment dan edukasi. Kata Kunci: Game Edukasi, Budaya, Pupuh Sekar Alit, Corona SDK.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

merpati

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

The journal publishes work from all disciplinary, theoretical and methodological perspectives. It is designed to be read by researchers, scholars, teachers and advanced students in the fields of Information Systems and Information Science, as well as IT developers, consultants, software vendors, and ...