Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi)
Vol. 3, No. 2, Agustus 2015

Sistem Informasi Geografis Pemetaan Wilayah Berdasarkan Kualitas Pendidikan di Provinsi Bali

I Made Oka Mahendra Putra (Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana)
I Nyoman Piarsa (Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana)
Ni Made Ika Marini Mandenni (Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2015

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal yang mutlak diterima oleh semua orang pada zaman ini. Mengandalkan data histori berupa tabel dan angka-angka yang tersimpan dalam arsip membutuhkan waktu untuk mengetahui kualitas pendidikan di suatu wilayah. Ketidakakuratan dalam membaca data histori dapat menyebabkan perbaikan di bidang pendidikan tidak merata. Sistem informasi geografis dikembangkan menggunakan teknologi Google Maps API yang memberikan informasi secara geografis data statistik yang menandakan kualitas pendidikan di suatu wilayah dan menggunakan metode Trend Semi Average dalam peramalan data statistik. Indikator perbedaan warna dirancang untuk memudahkan pengguna dalam mengetahui persentase data statistik di suatu wilayah yang menandakan tinggi rendahnya kualitas pendidikan. Sistem memberikan informasi data geografis pemetaan kualitas pendidikan seperti angka partisipasi sekolah, angka partisipasi murni, angka partisipasi kasar, angka putus sekolah, dan angka melek huruf. Berdasarkan pengujian metode trend semi average diperoleh metode hanya cocok meramalkan di tahun yang tidak jauh daridata statistik yang digunakan sebagai acuan untuk meramalkan persentase data statistik di beberapa tahun kedepan.Kata kunci: kualitas pendidikan, sistem informasi geografis, google maps API, peramalan data, web.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

merpati

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

The journal publishes work from all disciplinary, theoretical and methodological perspectives. It is designed to be read by researchers, scholars, teachers and advanced students in the fields of Information Systems and Information Science, as well as IT developers, consultants, software vendors, and ...