Indonesia Journal of Sports and Physical Education
Vol 1, No 1 (2019)

PENGARUH MODEL LATIHAN MENGGUNAKAN MEDIA SASARAN TERHADAP PENINGKATKAN AKURASI PUKULAN SMASH FOREHAND PERMAINAN BULUTANGKIS EKSTRAKURIKULER KELAS XI SMK NEGERI 4 MALANG

Pranata, Donny Frida (Unknown)
Januarto, Oni Bagus (Unknown)
Sugiarto, Tatok (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan akurasi pukulan smash forehand permainan bulutangkis dengan menggunakan media sasaran di ekstrakurikuler bulutangkis putra kelas XI SMK Negeri 4 Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian pra-eksperimental dengan rancangan two group pretest-post-test design yang dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu: (1) Media sasaran slop shuttlecock,dan (2) media sasaran karpet. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang. Analisis data yang digunakan dala penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Berdasarkan hitungan statistik program SPSS 23 for MS  Windows. Diperoleh hasil t hitung hasil kemampuan pukulan smash forehand menggunakn media sasaran slop shuttlecock sebesar (7,746 > 2,262) t tabel, dan pukulan smash forehand menggunakan media sasaran karpet sebesar (4,583 > 2,262) t tabel, yang berarti terdapat perbedaan rata-rata tes kemampuan pukulan smash forehand  sebelum dan sesudah diberi program latihan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan kedua media sasaran slop shuttlecock dan karpet dapat meningkatkan kemampuan akurasi pukulan smash forehand Model latihan menggunakan sasaran karpet lebih baik dibandingkan menggunakan media sasaran slop shuttlecock.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jospe

Publisher

Subject

Public Health

Description

Publishes articles on practice, theory, and research in all areas of exercise and physical education, but is not limited to: Exercise and Health Exercise and Rehabilitation Science Physical Activity Test and Measurement in Sport Sports Medicine Sports Psychology Sport Coaching Sports Biomechanics ...