Jurnal Pembelajaran Sains
Vol 1, No 2 (2017)

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI KONSEP TEKANAN ZAT SISWA KELAS VIII-C SMPN 1 KARANGPLOSO SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2017-2018

Vita Ria Mustikasari (Universitas Negeri Malang)
Miftakhul Annisa (Prodi Pendidikan IPA FMIPA, Universitas Negeri Malang)
Munzil Munzil (Prodi Pendidikan IPA FMIPA, Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada konsep tekanan zat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Hasil identifikasi miskonsepsi yang telah dilakukan ditemukan 9 miskonsepsi yang dialami siswa sebagai berikut: (1) Tekanan suatu benda dipengaruhi oleh luas permukaannya. Semakin besar luas permukaan benda maka tekanan yang dihasilkan semakin besar (33,33 persen), (2) Penampang wadah dan ukuran benda mempengaruhi tekanan hidrostatis (36,67 persen), (3) Benda akan tenggelam dalam zat cair, jika massa zat cair lebih kecil dari massa benda (23,33 persen), (4) Benda akan tenggelam dalam zat cair, jika gaya angkat ke atas lebih kecil daripada berat benda (30 persen), (5) Benda akan terapung dalam zat cair, jika massa jenis zat cair lebih kecil dari massa benda (40 persen), (6) Besar gaya pada piston berhubungan sama besar karena gaya yang diberikan sama besar (46,67 persen), (7) Osmosis terjadi pada saat molekul-molekul pelarut berpindah dari larutan berkonsentrasi rendah ke larutan yang berkonsentrasi tinggi sampai konsentrasi kedua pelarut setimbang (36,67 persen), (8) Makhluk hidup mengalami proses difusi jika terjadi perbedaan partikel yang ada di udara dan partikel di dalam tubuh (40 persen), (9) Tanaman dapat menyerap air walaupun tidak memiliki akar karena adanya tekanan pada bagian bawah batang tanaman (23,33 persen).

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpsi

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Other

Description

Jurnal Pembelajaran Sains (Print ISSN: 2355-7044; Online ISSN: 2527-9157) provides a place for teachers, academics, lecturers, and students to share and discuss the results of their research in the field of science education. JPS publishes academic articles that focus on teaching and learning ...