Jurnal Pembelajaran Sains
Vol 2, No 1 (2018)

PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN WHITEBOARD ANIMATION DRAWING KELAS VIII-C SMP NEGERI 2 WINONGAN

Anisatul Illiyin (SMPN 2 Winongan)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2018

Abstract

Strategi pembelajaran yang  kurang  tepat dapat menjadi salah satu sebab keaktifan belajar siswa menurun. Akibat rendahnya aktifitas belajar, hasil belajar siswa juga menjadi rendah. Hal ini juga yang terjadi pada siswa kelas VIII-C SMPN 2 Winongan. Untuk dapat mengatasi hal tersebut, guru harus  dapat menentukan strategi pembelajaran yang yang tepat sehingga dapat mengaktifkan belajar siswa, diantaranya adalah pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Whiteboard Animation drawing . Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Whiteboard Animation Drawing yang bagaimanakah yang mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran siswa kelas VIII-C SMPN 2 Winongan tahun pelajaran 2017/2018 Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2  siklus  dan  setiap  siklus  terdiri  dari  kegiatan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-C SMPN 2 Winongan sejumlah 21 siswa yang terdiri dari 14 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Dalam pelaksanaannya, pada saat pembelajaran IPA dengan model koperatif tipe STAD berbantuan Whiteboard Animation drawing berlangsung, dilakukan pengamatan terhadap keaktifan belajar, Setelah pembelajaran selesai, kepada siswa diberikan tes hasil belajar. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD Berbantuan Whiteboard Animation drawing dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa di kelas VIII-C SMPN 2 Winongan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan pencapaian rerata perindicator dari siklus I ke siklus II. Pada aspek melibatkan diri dalam pengerjaan tugas kelompok terjadi peningkatan sebesar 36%, mengajukan pertanyaan baik pada guru maupun pada siswa terjadi peningkatan sebesar 14%, berpendapat atau menjawab pertanyaan guru atau siswa terjadi peningkatan sebesar 7% dan  pada aspek mengerjakan tugas (PR) terjadi peningkatan pencapain sebesar 15%. Dengan demikian disarankan kepada para guru, khususnya guru mata pelajaran IPA untuk menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD Berbantuan Whiteboard Animation drawing sebagai alternatif dalam  meningkatkan keaktifan belajar siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpsi

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Other

Description

Jurnal Pembelajaran Sains (Print ISSN: 2355-7044; Online ISSN: 2527-9157) provides a place for teachers, academics, lecturers, and students to share and discuss the results of their research in the field of science education. JPS publishes academic articles that focus on teaching and learning ...