Physics Communication
Vol 1, No 2 (2017): August 2017

IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR FISIKA BERDASARKAN KEMAMPUAN MULTI REPRESENTASI

Theasy, Yoan (Unknown)
Wiyanto, Wiyanto (Unknown)
Sujarwata, Sujarwata (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2017

Abstract

Multi representasi dapat digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman yang dimiliki oleh mahasiswa. Identifikasi pola kesulitan belajar fisika berdasarkan kemampuan multi representasi terhadap pemecahan masalah telah dilakukan melalui metode kualitatif model grounded theory, dan dilaksanakan pada mahasiswa pendidikan Fisika Unnes Tahun akademik 2016/2017. Bentuk multi representasi yang digunakan adalah verbal (V), gambar/diagram (D), grafik (G), dan matematis (M). Kemampuan multi representasi mahasiswa kategori tinggi, sedang dan rendah memiliki kecenderungan representasi matematis (M) secara berurutan sebesar 67,85%, 79,92%, dan 75%. Mahasiswa kategori tinggi memiliki pola kesulitan belajar fisika yaitu, merencanakan solusi (memahami bahasa soal dan menentukan tahap penyelesaian) serta melaksanakan rencana solusi (menentukan persamaan), mahasiswa kategori sedang memiliki pola kesulitan belajar merencanakan solusi (memahami bahasa soal dan menentukan solusi), melaksanakan rencana solusi (proyeksi gaya, menentukan komponen gaya yang bekerja pada benda, menentukan persamaan, pengaplikasian, perhitungan), dan mahasiswa kategori rendah yaitu merencanakan solusi (memahami bahasa soal), melaksanakan rencana solusi (menentukan persamaan, membedakan simbol-simbol fisika, pengaplikasian persamaan, dan perhitungan) serta tidak melakukan pengecekan dan evaluasi.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pc

Publisher

Subject

Physics

Description

Physics Communication is devoted to reporting important new developments in the area of physics. Papers cover the fields of: atomic and molecular physics condensed matter and theory of statistical physics nuclear theory fluid theory and plasmas elementary particle physics and quantum field theory ...