Jurnal Statistika dan Matematika (Statmat)
Vol 1, No 1 (2019)

PREDIKSI PENJUALAN SERAGAM SEKOLAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE ARIMA (Autoreggressive Integrated Moving Average) ( Studi Kasus : Koperasi Karyawan Yayasan Umara Al-Zahra Indonesia)

Hendro Waryanto (Universitas Pamulang)
Dwi Aprisa Wanti (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian yaitu mengetahui metode ARIMA (Autoreggressive Integrated Moving Average) dapat digunakan untuk meramalkan penjualan seragam sekolah Kopkar Al-Zahra Indonesia. Mengetahui bentuk persamaan model ARIMA yang tepat dalam meramalkan penjualan seragam sekolah Kopkar Al-Zahra Indonesia. Mengetahui jumlah penjualan seragam sekolah pada bulan Agustus, September, dan Oktober, November, Desember tahun 2018. Metode yang digunkaan yaitu metode perancangan dan metode kepustakaan. Metode ARIMA (Autoreggressive Integrated Moving Average ) dapat digunakan untuk meramalkan penjualan seragam sekolah Kopkar Al-Zahra Indonesia karena data penjualan seragam sekolah tersebut membentuk data musiman, sehingga metode yang tepat adalah metode ARIMA. Bentuk persamaan dengan model ARIMA (1,1,1) sebagai berikut:Xt=19,876+et−(−0,645)et-1−1+Xt-1+(−0,369)Xt-1−(−0,369)Xt-2Hasil prediksi jumlah penjualan seragam sekolah Kopkar Sekolah Al-Zahra Indonesia untuk 5 periode berikutnya adalah pada bulan Agustus 2018 sebanyak 700,3 buah seragam, bulan September 2018 sebanyak 708,6 buah seragam, bulan Oktober 2018 sebanyak 732,7 buah seragam, bulan November sebanyak 751 buah seragam, dan bulan Desember 2018 sebanyak 771,5 buah seragam.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

sm

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Mathematics Other

Description

P-ISSN : 2655-3724 E-ISSN : 2720-9881 Jurnal Statmat UNPAM: Jurnal Statistika dan Matematika Universitas Pamulang is a means of publication of scientific articles and research with concentrations of Statistics, Pure Mathematics, Applied Mathematics, Computational Mathematics, Educational ...