Scientia: Jurnal Hasil Penelitian
Vol. 3 No. 2 (2018): Scientia

The Impacts of Academic Services and Campus Atmosphere to Students’ Satisfaction and Retention

Yohan, Yohan (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2018

Abstract

Pelayanan akademik dan suasana kampus merupakan dua hal yang seringkali dapat menganggu kenyamanan dan kepuasan mahasiswa dalam proses penyelesaian kuliah. Melalui kajian yang dilakukan didapati bahwa dampak dari pelayanan kampus yang kurang prima dan suasana kampus yang kurang mendukung menyebabkan banyak mahasiswa yang merasa tidak nyaman berada di kampus dan tidak betah berlama-lama berada di dalam kelas. Disamping itu, terdapat beberapa dosen yang gagal memenuhi jumlah minimal kehadiran kelas. Sedangkan aktifitas konsultasi akademik yang dapat dimanfaatkan sebagai wadah dalam menyampaikan pesan-pesan akademik bagi keberhasilan mahasiswa belum sepenuhnya dimaksimalkan oleh sejumlah dosen dan juga mahasiswa yang bersangkutan. Akibatnya muncul ‘mis-komunikasi,’ sehingga banyak mahasiswa yang gagal meraih kepuasan dan kenyamanan akademik. Padahal kepuasan akademik dan kenyamanan dalam proses perkuliahan merupakan pendorong kesuksesan akademik mereka guna menghindari kegagalan penyelesaian kuliah. Oleh sebab itu diharapkan agar pihak yang berkompeten di kampus dapat meningkatkan pelayanan yang lebih prima dan mendorong para dosen, mahasiswa dan seluruh civitas akademikanya untuk terlibat secara aktif dalam membangun sekolah tinggi ini bagi kemajuan masa depan kampus agar dapat meminimalisir mahasiswa yang ‘drop out’ dengan menutup segala kekurangan yang ada.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

sci

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Scientia: Jurnal Hasil Penelitian is a peer-reviewed, open access, and a scientific journal. It contains research studies with particular interest in: * Islamic Religious Research * Social and Humanities Research * Education Journal audiences are learned readers, researchers, policymakers, ...