Jurnal Kebidanan Indonesia
Vol 6, No 1 (2015): JANUARI

HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN IBU DENGAN STATUS GIZI BALITA DI POSYANDU BANGUNSARI SEMIN GUNUNG KIDUL TAHUN 2014

Miftakhul Jannah (Unknown)
Siti Maesaroh (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2018

Abstract

HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN IBU DENGAN STATUS GIZI BALITA DI POSYANDU BANGUNSARISEMIN GUNUNG KIDUL TAHUN 2014. Tingkat pendidikan ibu merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi status gizi balita. Kekurangan gizi adalah salah satu penyebab dari tingginya angka kematian pada bayi dan anak serta dapat menurunkan mutu kehidupan, terganggunya pertumbuhan dan perkembangan mental. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisa hubungan tingkat pendidikan ibu dengan status gizi balita di posyandu bangunsari semin gunung kidul.Desain penelitian ini menggunakan analitik dengan jenis rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu dan balita di posyandu bangunsari semin gunung kidul dengan subyek penelitian sebesar 55 responden. Variabel bebas adalah tingkat pendidikan ibu dan variabel terikat status gizi balita. Pengumpulan data dengan wawancara, KMS, kohort balita. Analisa data univariate menggunakan distribusi frekuensi dan bivariate menggunakan kendall tau.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendidikan ibu mayoritas SMP sejumlah 24 ibu balita (43,6%), status gizi balita mayoritas kurang sejumlah 22 balita (40%). Hasil uji statistik kendall tau = 0,386 dengan signifikan 0,001. Maka signifikansi menggunakan rumus Z, didapatkan hasil (4,16>1,96) jadi Ho ditolak dan Ha diterima.Simpulan dalam penelitian ini adalah ada hubungan tingkat pendidikan ibu dengan status gizi balita. Kata kunci : Tingkat Pendidikan Ibu, Status Gizi balita

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JKebIn

Publisher

Subject

Health Professions

Description

Jurnal Kebidanan Indonesia ISSN 2579-7824 (online) and ISSN 2086-5562 (Printed) is published twice a year in January and July. Contains writing that is lifted from the results of research and conceptual thinking in the field of midewifery. Publishers receive written contributions that have never ...