Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Vol 1, No 1 (2020): Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KERJA SAMA SISWA PADA MATERI SEL KELAS XI SMAS KATOLIK ALVAREZ PAGA TAHUN AJARAN 2019/2020

Theodora Edeltrudis Hoba (Universitas Nusa Nipa)
Yohanes Nong Bunga (Universitas Nusa Nipa)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap kerja sama siswa pada materi sel kelas XI yang dilakukan di SMAS Katolik Alvarez Paga tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan bentuk desain non-equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel non-probability sampling dengan jenis sampling purposive. Sampel penelitian ialah siswa siswi lintas minat biologi kelas XI Sos-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Sos-4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner siswa. Hasil penelitian kerja sama siswa menunjukan bahwa ada perbedaan kerja sama siswa pada kelas eksperimen yaitu 3,32 dan kelas kontrol 2,88. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap kerja sama siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

spizaetus

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Other

Description

Jurnal ini fokus pada bidang kajian biologi sains dan pendidikan biologi. Kami menerima artikel berupa hasil penelitian maupun kajian pustaka yang original dan belum pernah ...