Penulisan artikel ini bertujuan untuk menghasilkan produk game edukasi E-Praktikum. Metode penelitian yang digunakan ialah desain pengembangan berbasis multimedia yang dikemukakan oleh Lee dan Owens, tetapi pada tahap implementasi peneliti hanya melakukan uji coba terbatas saja. Produk pengembangan berupa game edukasi dengan materi listrik dinamis ini menyajikan permainan, materi, dan kuis yang memiliki feedback. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis kualitatif berupa deskriptif hasil dan teknik kuantitatif berupa hasil perhitungan persentase validasi. Validasi produk pengembangan game edukasi dari segi media diperoleh data persentase skor sebesar 94,2%, validasi dari segi materi diperoleh data persentase skor sebesar 92,7%, sedangkan hasil uji coba produk pada peserta didik diperoleh persentase skor sebesar 88,3 %. Hal ini berarti produk dapat digunakan oleh siswa untuk pembelajaran mandiri. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba produk, disimpulkan bahwa game edukasi larutan penyangga yang telah dikembangkan sangat layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019