Jurnal Riset Pendidikan Fisika
Vol 4, No 1 (2019): Mei

Analisis Kemampuan Mahasiswa Fisika Peserta KPL Berbasis Lesson Study Tahun Ajaran 2019/2020 dalam Mengembangan Strategi Pembelajaran Era Pendidikan 4.0

Septina Putri Bintari (Unknown)
Sugiyanto Sugiyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan mahasiswa fisika peserta KPL berbasis lesson study tahun ajaran 2019/2020 dalam mengembangkan strategi pembelajaran era pendidikan 4.0. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ex-postfacto dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sumber data diperoleh dari hasil angket, penilaian produk RPP, video pelaksanaan, dan lembar refleksi, serta wawancara. Hasil penelitian kemampuan mahasiswa dalam: (1) merencanakan strategi pembelajaran era pendidikan 4.0 memiliki skor pada hasil analisis angket sebesar 81,8% kategori baik, sementara pada hasil analisis produk RPP yaitu 54,7% dengan kategori tidak baik; (2) melaksanakan strategi pembelajaran era pendidikan 4.0 memiliki skor pada hasil analisis angket sebesar 83,6% kategori baik, sementara pada hasil analisis produk video pembelajaran yaitu 66,8% dengan kategori cukup baik; (3) merefleksi strategi pembelajaran era pendidikan 4.0 berdasarkan hasil analisis angket memiliki skor 86,9% dengan kategori sangat baik. Sedangkan berdasar hasil penilaian lembar refleksi lesson study mahasiswa fisika peserta KPL kurang dalam manajemen waktu dan pengelolaan kelas.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jrpf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The scope of this journal covers all areas included in physics and science education including (but not limited to): Innovative Pedagogical Approaches in Physics Education Physics Education in Industrial Revolution 4.0 Physics Learning Media Lesson Study Physics Teacher Professionality Development ...