Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan keterampilan pemecahan masalah matematika dapat diupayakan melalui pendekatan Problem Based Learning siswa kelas II SD Negeri Blotongan 01 Salatiga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi dan teknik tes. Instrumen penelitian adalah observasi yang dilengkapi dengan rubrik pengukuran keterampilan memecahkan masalah dan butir soal matematika materi pengukuran waktu. Teknik analisis data menggunakan analisisis diskriptif komparatif yaitu teknik untuk membandingkan antar siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui upaya pendekatan Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah matematika, yang ditunjukkan oleh hasil ketuntasan belajar dari keterampilan memecahkan masalah matematika. Jumlah siswa yang tuntas dalam belajar matematika siklus I sebanyak 12 siswa atau 60% dari 20 siswa dan siklus II sebanyak 18 siswa atau 90% dari 20 siswa. Saran yang diberikan, diharap Guru berkomitmen untuk mendesain pembelajaran dengan pendekatan Problem Based Learning agar keterampilan pemecahan matematika siswa kelas II SD dapat meningkat.
Copyrights © 2018